Selasa, 20 September 2011

tugas FANTASY 2011






1. Apa itu HMIF ?

HMIF merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Informatika.  Himpunan yang berdiri pada tanggal 14 juli 1993 ini merupakan suatu himpunan tempat berkumpulnya mahasiswa yang tidak hanya mencari hardskill semata, tetapi juga  softskill.

Membantu dalam penyaluran minat mahasiswa di bidang keprofesian, akademis dan juga menjembatani mahasiswa dengan fakultas informatika

HMIF IT Telkom bercita-cita menjadi himpunan yang menjadi sarana komunikasi antara pihak fakultas, mahasiswa dan laboratorium Informatika yang ada di  IT Telkom 



Visi dan Misi HMIF 2011 adalah :

Visi
Menjadikan HMIF sebagai Himpunan yang Kontributif, Inovatif, Komunikatif, dan Produktif serta mampu memberi pelayanan terbaik bagi Mahasiswa Informatika dengan berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa

Misi
  • Memfasilitasi Kebutuhan Mahasiswa IF dalam segi Akademis dan Non-Akademis
  • Membangun kegiatan Himpunan yang efektif dan efisien
  • Menjembatani Hubungan Internal dan External Mahasiswa Informatika
  • Menciptakan Kader Informatika yang aktif, tangguh dan Mandiri
  • Mampu mendapatkan sumber dana yang sehat dan berkesinambungan
  • Menumbuhkan minat mahasiswa Informatika dalam bidang riset
Dengan diketuai M. Alvin Adinugraha yang mengemban visi “Menjadikan HMIF sebagai Himpunan yang Kontributif, Inovatif, Komunikatif, dan Produktif serta mampu memberi pelayanan terbaik bagi Mahasiswa Informatika dengan berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa”

HMIF IT TELKOM yang berdiri tahun 18 tahun yang lalu ini memiliki jargon

H M I F!! REACH THE TOP!!
WHAT WILL YOU BE?? BE THE BEST!!
WHAT WILL YOU BE?? BE THE BEST OF THE BEST!!
PUT IN THE BLACK BOX!!
IF INF THEN FOR MAT TO TIKA WRITE INFORMATIKA THE BEST YEAH!!!

2. Apa itu BPMI ?


BPMI merupakan Badan Perwakilan Mahasiswa Informatika.
Adalah lembaga legislatif sebagai perwujudan mahasiswa informatika sebagai wadah penampung aspirasi mahasiswa informatika IT TELKOM tentang segala hal yang berkaitan dengan perkuliahan maupun kegiatan dalam kampus lainnya.

Lembaga legislatif HMIF IT Telkom ini didirikan pada tanggal 14 Juli 1993. BPMI IT Telkom melaporkan kegiatannya selama periode kepengurusan dalam sidang umum himpunan mahasiswa Fakultas Informatika IT Telkom

Visi :

Pemberdayaan potensi untuk mencapai mahasiswa Fakultas Informatika yang memiliki kompetensi dan organisasi ideal yang mampu menaungi mahasiswa Fakultas Informatika IT Telkom.

Misi :

1. Mewujudkan organisasi keprofesian dan keilmuan.
2. Mewujudkan mahasiswa Fakultas Informatika yang beriman dan bertakwa, kritis, intelektual, kreatif, dan  produktif.
3. Mewujudkan hubungan yang kokoh antara HMIF dengan civitas akademika IT Telkom serta elemen di luar kampus IT Telkom.

3. Deskripsikan tentang Lab gedung F !

Di laboratorium gedung F, terdapat banyak laboratorium" yang berhubungan dengan informatika untuk mendukung kegiatan, minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa IT Telkom.

Misalnya saja terdapat :

1. Laboratorium Data Mining
Merupakan Lab yang fokus pada riset tentang data mining serta membantu mata kuliah data mining yang  ada di fakultas informatika

2. Laboratorium Basis Data
Merupakan salah satu Laboratorium di bawah pengawasan Fakultas Informatika IT Telkom. Lebih memfokuskan dalam riset mengenai hal-hal yang berhubungan dengan basis data. Selain itu secara rutin juga mengadakan pelatihan Oracle Basic bagi mahasiswa IT Telkom.

3. Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
Khusus melakukan riset dan studi di bidang analisis dan desain perangkat lunak. Kegiatan laboratorium nya seperti : studygroup, research grup, sharing session, pengembangan produk dan upgrading.

4. Laboratorium sistem komputer dan jaringan komputer
Biasanya mengadakan study group NS, OPNET, OMNET, dan wireless. Digunakan untuk pelatihan-pelatihan dan kerja lab.

5. Laboratorium Sistem Komputer
Riset yang dilakukan berupa riset tentang sistem Operan ( Windows, Linux, BSD ) ,server syste dan VHDL.

6. Laboratorium Multimedia
7. Laboratorium Arificial Intelligent
8. Programming Lab

4. Menurutmu Opening Fantasy itu kayak gimana?

Opening Fantasy yang diselenggarakan pada tanggal 17 September 2011 disambut antusias oleh para peserta Fantasy 2011 yaitu mahasiswa-mahasiswa teknik informatika angkatan 2011 baik S1 maupun D3. Sekitar 150 mahasiswa teknik informatika angkatan 2011 datang ke acara opening fantasy.

Menurut saya acara opening fantasy ini menarik, selain ada hiburan dari kaka-kaka panitia dan keanggotaan HMIF serta yang lainnya, banyak juga dijelaskan tentang laboratorium apa'' saja yang ada dalam fakultas informatika, sehingga kita lebih tau apa aja sih fungsi dan kegiatan yang dilakukan di masing-masing laboratorium.

Tapi sayangnya acara opening fantasy tidak terlaksana sesuai jadwal, sepertinya hal yang biasa kalau setiap kegiatan ada istilah ngaret , hampir menunggu 1 jam diluar sampai acara bener bener dimulai. Tapi selebihnya OK kok, walaupun diakhir ternyata diberitahukan bahwa ada peraturan" layaknya PDKT ( ospek nya IT Telkom), dikasih tugas juga,,tapi ga apa apa deh..hhe namanya juga ospek jurusan ^_^



0 komentar:

Posting Komentar