Sabtu, 08 Oktober 2011

open mind proclub (programming club)

Open mind proclub yang dilaksanakan pada tanggal 7 oktober 2011 di GSG IT Telkom, disambut antusias oleh banyak mahasiswa. Tidak hanya mahasiswa fakultas informatika saja yang datang ke acara open mind proclub, tetapi juga ada beberapa dari fakultas lain yang menghadiri acara open mind ini.


Proclub memang ga terbatas hanya untuk mahasiswa informatika saja, tetapi juga apabila ada mahasiswa dari fakultas lain yang juga ingin bergabung dalam kegiatan ini boleh" saja , tentunya dengan rekruitasi terlebih dahulu.

Ada salah satu pembicara dalam open mind yang merupakan alumni IT Telkom, yang sekarang ini bekerja di Microsoft sebagai tools specialist, dia adalah Wirawan Winarto. 
Wirawan Winarto menjelaskan bahwa tujuan kuliah di bidang informatika adalah belajar memprogram, bukan belajar bahasa pemrograman.

Dia pun sedikit bercerita bahwa nanti (coming soon) , microsoft akan mengeluarkan project terbarunya yaitu Microsoft Visual Studio. Sebenarnya sudah dibuat dan sudah jadi , hanya saja belum dirilis. Kelebihan dari Microsoft Visual Studio ini adalah dapat membuat database dalam waktu singkat, jadi keahlian para programmer di bidang ini nantinya tidak akan begitu penting, karena database dapat dibuat dalam waktu cepat, tidak perlu menunggu seminggu atau sebulan untuk membuatnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi sukses :

1. Kuasai konsep
2. Be a fast learner . Be really fast !
    quote : today, fast is beautiful
3. Learn to communicate ideas
    quote : express your idea passionately
4. Understand the software industry
    dalam hal ini, tidak hanya masalah software project saja yang harus bagus,
    tapi ilmu bisnis juga harus dikuasai, bagaimana memenuhi kebutuhan konsumen.
5. Make your resume shines
    membuat cv yang berbeda, dilihat dari kriteria (get yourself known)
6. Always walk the extra mile
    if you are not willing to risk the unusual, you will have to settle for the ordinary

Ada beberapa pertanyaan yang diajukan kepada Wirawan Winarto saat open mind

1. Alasan lebih memilih microsoft daripada unilever dan freeport ?
Perlu diketahui sebelumnya bahwa Wirawan ini tidak pernah melamar kerja, saat baru lulus dari IT     Telkom pun ia sudah ditarik untuk bekerja, diantaranya di unilever dan freeport.Tetapi ada tawaran lain dari Microsoft. Jelas saja microsoft yang lebih dipilih karena bekerja di microsoft adalah hal yang luar biasa, cool, dan microsoft merupakan perusahaan besar di dunia.

2. Yang membuat microsoft lebih laku dipasaran dibanding dengan perusahaan lain yang berkecimpung dalam bidang yang sama ?
Alasannya adalah karena semua project aplikasi yang dibuatnya dipertimbangkan dengan bisnis dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Selanjutnya ada Tim yang bernama Dream Bender yang mengisi acara open mind ini. Dream Bender merupakan tim dari IT Telkom yang sering mendapat juara di kompetisi IT, terakhir kompetisi yang mereka ikuti adalah INAICTA 2011, dan berhasil menjadi juara 1.


Project" yang telah Dream Bender buat ada 6 project diantaranya : auricle, spread, sparkins, eco.market, ecorceipt dan bioengineer.

History Programming Club



STT Telkom pada tahun 2005 pernah menjadi juara imagine cup. Suatu saat ingin mendirikan organisasi yang dimana di dalamnya terdapat orang-orang yang mempunyai motivasi dan keinginan kuat tentunya dalam hal berkompetisi. Dan akhirnya berdirilah Programming Club. Dalam proclub terbagi dalam 3 divisi yaitu code, art dan design.

visi  : menghimpun mahasiswa yang mempunyai tekad untuk mengikuti kompetisi
misi : diadakannya rekruitasi atau pemilihan dari mahasiswa-mahasiswa 

Di dalam programming club tidak hanya membuat atau membahas tentang program (coding) saja, tetapi didalamnya dibagi'' lagi menjadi lebih luas, diantaranya, developer, system analyst, dll.
Mahasiswa-mahasiswa yang masuk dan berada di programming club adalah merupakan mahasiswa terbaik di IT Telkom yang mampu berkompetisi.

Beberapa kompetisi yang diikuti :
- ITB (programming contest 2010)
- Top Coder
- Code Force

Programming contest :
- GemasTik
- INAICTA
- My Prize
- Imagine Cup
dan next programming contest yang akan diikuti adalah Imagine Cup 2012 yang akan dilaksanakan di Australia. 

Tahapan rekruitasi yang dilaksanakan oleh programming club adalah : 

1. Pengiriman CV
2. Test tertulis
3. Wawancara 
4. Mempresentasikan project
5. Mendemokan cara kerja software nya.
Setiap tahunnya peminat di Programming Club adalah lebih dari 300 mahasiswa, tetapi yang diterima adalah mahasiswa yang memenuhi  kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.

Open mind Programming Club ini menurut saya sangat berkesan karena lebih menambah pengetahuan dalam bidang IT, dan para pembicaranya merupakan orang-orang hebat.








0 komentar:

Posting Komentar