Senin, 25 Juli 2011

apa ospek penting ?

Semua mahasiswa pasti pernah merasakan OSPEK (Orientasi Siswa dan Pengenalan Kampus)  dari jaman dulu OSPEK telah ada. Dengan tujuan mengenalkan siswa ke kehidupan kemahasiswaan/kampus. Entah seperti apa OSPEK pertama kali dijalankan, apakah sama dengan jaman terdahulu kita?dimana OSPEK dilalui dengan keringat, tangis, amarah, dan berakhir dengan dendam yang akan dilampiaskan pada tahun berikutnya (juniornya) lalu dendam itu akan menjadi warisan turun temurun.

Mungkin hal seperti itu kini sedikitnya telah dihapus, yang ada hanyalah pendekatan terhadap mahasiswa" baru, memperkenalkan bagaimana kehidupan kampus sebenarnya, bagaimana rasanya menjadi seorang mahasiswa dan mengawali alur sosialisasi dan adaptasi di lingkungan yang baru.

Saya disini juga yang sebentar lagi akan mengikuti ospek atau istilah yang sering disebut di kampus saya Institut Teknologi Telkom adalah PDKT yang merupakan singkatan dari Pengenalan Dunia Kampus Telekomunikasi, merasa bahwa ospek tidak usah dibawa tegang atau bagaimana, jalani saja, malah mungkin ospek adalah hal yang tidak akan pernah terlupakan sebagai awal menjadi mahasiswa. Mungkin hanya ada beberapa aturan jelas dimana apabila aturan dilanggar pasti ada sanksinya bukan..



Kalau misalnya dalam ospek senior banyak memberikan tugas, semua harus serba cepat, justru disana senior bisa melihat dari situ anak ini disiplin atau tidak ,dia mendengarkan perintah senior atau tidak ,dia konsentrasi atau tidak saat diterangkan untuk membawa apa dan apa. Jadi kesimpulannya dengan cara senior melakukan hal seperti itu adalah untuk melatih kita apa kita siap untuk menempuh dijenjang sekolah yang lebih tinggi apakah dia akan mendengarkan guru yang akan mengajar dia seperti seniornya menyuruhnya ,, dan dari situlah peserta didik tersebut akan paham bagaimana jenjang sekolah selanjutnya yang sangat berbeda dari jenjang sekolah yang sebelumnya ditempuh.

Dan kesimpulannya adalah ..OSPEK adalah orentasi siswa dan pengenalan lingkungan kampus , dan di OSPEK juga tidak ada yang namanya KEKERASAN FISIK maupun MENTAL dan disini juga BUKAN AJANG BALAS DENDAM . Di OSPEK inilah kesempatan sebagai senior untuk bisa mengenalkan dengan bangga sekolahnya dan memperkenalkan dengan hangat dengan OSPEK yang bermanfaat .

Jadi apakah ospek itu penting? ya ospek menurut saya penting karena banyak hal" yang bermanfaat yang dapat kita ambil, kita bisa bekerjasama, disiplin, menghormati seseorang yang lebih tua diatas kita dan pastinya sebagai awal dari sikap kedewasaan kita dalam hal berfikir dan bersosialisasi .


0 komentar:

Posting Komentar